10 mobil yang ngga akan bisa dimiliki di Amerika
Pasar mobil Amerika Serikat (AS) adalah yang terbesar dan paling kompetitif di seantero jagat. Namun, tetap ada beberapa mobil yang ngga bisa dibeli dengan uang, ngga peduli seberapa banyak uang yang lo punya. Karena desainnya yang radikal dan tidak memenuhi standar keamanan dan peraturan di jalan raya. Kebanyakan dari mobil-mobil ini dibuat oleh rumah desain mobil yang tidak terlalu terkenal. Sebagian kecil dari mobil-mobil itu dibuat sangat eksklusif dengan hanya membuat beberapa unit saja sehingga sudah habis terjual sebelum gosip tentang mobil itu beredar di kalangan masyarakat.
Pasar mobil Amerika Serikat (AS) adalah yang terbesar dan paling kompetitif di seantero jagat. Namun, tetap ada beberapa mobil yang ngga bisa dibeli dengan uang, ngga peduli seberapa banyak uang yang lo punya. Karena desainnya yang radikal dan tidak memenuhi standar keamanan dan peraturan di jalan raya. Kebanyakan dari mobil-mobil ini dibuat oleh rumah desain mobil yang tidak terlalu terkenal. Sebagian kecil dari mobil-mobil itu dibuat sangat eksklusif dengan hanya membuat beberapa unit saja sehingga sudah habis terjual sebelum gosip tentang mobil itu beredar di kalangan masyarakat.
Nama mobil ini diambil dari nama belakang pembalap Italia terkenal Alberto Ascari, dua kali juara dunia Formula 1 berturut-turut (1952-1953). Mobil ini dibuat di Inggris oleh sebuah perusahaan yang didirikan oleh penemu dan pengusaha Belanda bernama Klaas Zwart. Produk KZ1 diluncurkan pertama kali di tahun 2003. Sasisnya terbuat dari serat karbon yang sangat ringan dan dilengkapi dengan mesin 5.0-liter V8 yang digunakan pertama kali pada BMW Z8. Setelah dimodifikasi, mesin ini mampu mengeluarkan daya sebesar 500 tenaga kuda sehingga sanggup melesatkan Ascari dari 0 km/jam sampai 100 km/jam hanya dalam 3.6 detik!! Kecepatan maksimal 320 km/jam. KZ1 dijual 235,000 pounds (kalo di kurs sekarang harganya jadi 3.784.000.000 rupiah). Yang paling asyik adalah pemilik KZ1 bisa ngerasain kesangaran mesin mobilnya di Ascari Race Resort di selatan Spanyol.
Motonya keren banget deh: Ascari - the world's ultimate drivers' club and luxury retreat. Ini baru klabnya orang-orang super tajir
Aston Martin baru-baru ini dijual oleh Ford Motor Co. kepada sebuah konsorsium Prodrive dan David Richards. Di tangan pemilik baru ini, mereka mengeluarkan strategi pemasaran baru yaitu pembeli bisa memesan mobil mereka sesuai dengan selera pemesan (customize). Harganya: nyaris mendekati US$1.75 million (itung aja sendiri karena kalkulator yang gw punya sampai ngga bisa ngitung jumlah angka nolnya). Hanya 77 buah mobil yang akan dibuat. Mobil coupe ini dibuat dari serat karbon monocoque dengan body panel aluminium yang dibuat dengan tangan, bermesin 7.3-liter V12 yang mampu menggelontorkan 700 tenaga kuda!!! Berminat bawa satu One-77 ke garasi rumah Anda??? Sepertinya lo harus mencari di bursa mobil bekas karena semua unitnya sudah habis terpesan.
Mimpi ngebayangin punya mobil yang dipakai di ajang Formula 1? Hubungi aja dealer mobil ini. Mobil yang tongkrongannya mirip banget sama mobil F1 ini dilengkapi dengan fender dan kokpit yang bisa menampung dua orang. Caparo T1 dibuat oleh banyak orang yang terlibat dalam pembuatan McLaren F1. Berkat penggunaan serat karbon dan sasis aluminium dan berbagai bahan yang terbuat dari material ringan, bobot T1 hanya 550 kg. Coba lo pikirin mesinnya: 575 tenaga kuda, disisipkan di bagian tengah dari panjang keseluruhan mobil, terbuat dari aluminium, dengan 3.5-liter V8, maka lo dapat power-to-weight ratio sebesar 1.000 kuda per ton. Gir dengan 6-speed mampu membawa Anda dari 0 km/jam ke 100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik. Harga: 240,000 pounds (cukup merogoh kocek 3.905.000.000 rupiah saja).
Perusahaan kecil asal Swedia yang didirikan oleh desainer muda ambisius bernama Christian von Koenigsegg, yang telah mendesain dan mebuat supercar kelas dunia dalam jumlah yang sangat sedikit tapi hasilnya maksimal sejak 1994. Produk teranyar mereka adalah CCX dan CCXR. Dua varian ini diperkenalkan kepada publik pertama kali pada 2008 Geneva Auto Show. Keduanya dipersenjatai dengan mesin supercharged 4.8-liter V8 yang didesain oleh Koenigsegg, tapi CCXR lebih ramah lingkungan karena menggunakan ethanol E85 atau E100 selain juga dapat menggunakan bahan bakar reguler. Apabila diisi dengan E85, CCXR dapat menghasilkan tenaga mencengangkan sebesar 1.018 tenaga kuda dan torsi 108kg/m. Koenigsegg CCX dilepas dengan harga US$ 1,75 juta sedangkan CCXR US$ 2 juta.
Selain terkenal sebagai pembuat motocross, KTM juga sukses membuat All Terrain Vehicle dan sekarang X-Bow (dibaca: Crossbow). X-Bow menggunakan sasis monocoque berbahan serat karbon dan dibekali dengan mesin 2.0-liter turbocharged direct-injection 4 silinder besutan Audi. Berkekuatan 240 tenaga kuda sementara beratnya hanya 790 kilogram, alhasil X-Bow dapat melesat dari keadaan diam sampai 100 km/jam dalam waktu kurang dari 4 detik dan dari kecepatan itu mampu berhenti dengan jarak 30,5 meter berkat Brembo disc brakes. X-Bow bisa ditebus seharga US$ 67.000 (737 juta rupiah).
AeroMax sangat eksklusif dan limited-edition buatan pabrik mobil kecil di Inggris berusia 100 tahun. AeroMax diluncurkan pada tahun 2005 di Geneva Auto Showsebagai mobil konsep namun berkat reaksi pengunjung pada waktu itu maka dibuatlah limited editionnya yang hanay 100 unit. Harga: US$ 163.000. Bodi dan sasis AeroMax seluruhnya dari aluminium. Bermesin 4.4-liter DOHC 325 tenaga kuda V8 buatan BMW, yang melesatkannya dari 0 km/jam ke 100 km/h dalam 4.5 detik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar